Meteran Pintar Tulis PERIKSA, Ini Penyebab dan Solusinya
Monday, June 10, 2019
2 Comments
Sadar atau tidak, listrik kini nenjadi salah satu kebutuhan dasar kita hidup di zaman modern. Coba bayangkan jika kita hidup tanpa listrik di zaman sekarang? Tentunya sangat sulit untuk menjalankan aktivitas keseharian kita yang banyak bergantung pada alat elektronik.
Di tahun 2019 ini, pemerintah berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi yang hampir mencapai 100% masyarakat yang teraliri listrik.
PT. PLN saat ini menyedialan dua jenis meteran yang dapat digunakan, yaitu Meteran Prabayar dan Meteran Pascabayar. Tentunya Meteran Pascabayar telah kita ketahui bersama yaitu sistem perbayarannya dilakukan setelah jangka waktu yang ditentukan dan akan dihitung totalan yang harus dibayar sesuai kWh yang telah kita pakai.
Berbeda dengan Meteran Prabayar, meteran ini menggunakan sistem pengisian voucer listrik kemudian nanti kita akan mendapatkan nomor kode atau biasa disebut token untuk di-input ke meyetan, sehingga besaran kWh yang dapat kita pakai adalah sesuai dengan jumlah voucer listrik yang kita isi.
Namun ada beberapa masalah yang ditemui pengguna Meteran Prabayar, yaitu salah satunya adalah meteran tiba-tiba tertulis PERIKSA, padahal listrik masih menyala dengan normal. Jika dalam keadaan demikian, kita masih bisa melakukan pembelian voucer pulsa listrik hanya saja tidak bisa meng-input token listrik karena sistemnya sedang bermasalah.
PENYEBAB
Pada Meteran Prabayar terdapat sebuah alat untuk mendeteksi masalah, baik aliran listrik yang masuk dan keluar maupun masalah lainnya. Jika terdeteksi adanya aliran listrik yang dianggap masalah maka alat tersebut akan memberikan peringatan yang ditandai dengan munculnya tulisan PERIKSA pada meteran.
Sebenarnya banyak hal yang dapat menyebabkan meteran muncul tulisan PERIKSA, yaitu adanya aliran listrik yang bocor, kabel yang terkelupas, kesalahan pemasangan kabel dari meteran yang terbalik, kotak meteran terbuka sehingga tombol temper menyala, tegangan listrik yang tidak stabil.
SOLUSI
Hal pertama yang harus anda lakukan ketika meteran pintar tertulis PERIKSA adalah menghubgui Call Center PLN ke nomor 123 atau jika melalui telepon maka telpon (kode area) 123, kemudian memberikan keluhan yang anda temukan dan pihak operator PLN akan meminta bebrapa informasi mengenai id meteran, nama dan alamat anda serta akan diberikan nomor keluhan kepada anda untuk dicatar, yang kemudian nanti pihak PT. PLN akan menugaskan team lapangan PLN untuk ke rumah anda dan memeriksa meteran prabayar anda. Perlu diketahui, layanan ketika petugas turun ke rumah anda adalah gratis tanpa dipungut biaya.
SOLUSI SEMENTARA
Solusi sementara ini jika anda dalam keadaan teresar agar meteran anda segera normal, anda dapat menggynakan kode Clear Temper. Namun cara ini tidak menjamin meteran anda akan normal selamanya, banyak kasus yang ditemui meteran akan kembali tertulis PERIKSA lagi, dan hasil memasukan Clear Temper lagi.
Clear Temper sendiri adalah aplikasi penghasil kode temper untuk mengaktifkan meteran prabayar. Kode Clear Temper sendiri hanya bisa di dapatkan ketika menghubungi call center PLN, ataupun saya biasanya meminta kenalan yang bekerja di team lapangan PLN untuk meminta kode clear temper ke pihak PLN.
Clear Temper ini tidak dapat diakses sembarangan untuk mendapatkan kodenya.
Demikian sedikit informasi mengenai Meteran Listrik Pintar muncul tulisan PERIKSA, semoga membantu.
Meteran di rumah saya juga pernah begitu bang dan alhamdulillah berhasil dengan cara yang sama dgn tutorialnya agan..
ReplyDeleteAlhamdulillah, memang kadang kit perlu menghubungi pihak PLN, tpi dlm keadaan tertentu apa salahnya kita mencoba
Delete